Rabu, 10 Agustus 2016

Kerajinan Tangan Enceng Gondok

Manfaatkan tanaman tersebut untuk membuat kerajinan, ada banyak jenis Kerajinan Tangan Enceng Gondok yang bisa anda buat dengan memberikan sedikit sentuhan kreativitas.
 Jika di lingkungan sekitar tempat tinggal anda banyak tumbuhan enceng gondok, maka sebaiknya anda tak membiarkan tanaman tersebut mengotori lingkungan. Namun, juga jangan meembersihkan enceng gondok tersebut untuk dibuang begitu saja, atau hanya sekadar dijadikan sebagai pakan ternak saja.

Enceng gondok memang jenis tanaman yang mudah sekali tumbuh dan berkembang biak, bahkan tanaman ini merupakan jenis gulma yang dapat merepotkan, terutama di wilayah peraiaran, sebab pertumbuhan tanaman ini sangat sulit untuk dikendalikan. Namun, sesungguhnya tanaman enceng gondok ini bisa dibuat menjadi berbagai macam jenis kerajinan tangan yang akan membuatnya memiliki nilai lebih.

Salah satu jenis kerajinan enceng gondok yang banyak dibuat oleh masyarakat adalah berbagai macam anyaman. Kemudian dari anyaman tersebut bisa dikreasikan menjadi berbagai macam jenis kerajinan tangan, seperti misalnya tas, hiasan dinding, hiasan lampu, berbagai macam wadah, bahkan sampai meja dan kursi. Dalam tanaman enceng gondok ini terdapat kandungan selulosa yang sangat tinggi, sehingga serat serat dari tanaman tersebut bisa dikreasikan dan memungkinkannya untuk tahan lama.

Kerajinan Tangan Bingkai Foto Enceng Gondok

Kerajinan Tangan Enceng Gondok

Tempat Pensil Kerajinan Tangan Enceng Gondok

Nah, untuk anda yang ingin membuat kerajinan tangan dengan menggunakan bahan dasar enceng gondok, anda perlu melakukan pengolahan terhadap enceng gondok tersebut. Cara mengolahnya pun cukup sederhana sederhana, namun anda perlu melakukannya dengan sabar dan telaten. Untuk membuat bahan dasar pembuatan anyaman dari tanaman enceng gondok ini yang diperlukan hanyalah tangkai daunnya saja. Sedangkan bagian yang lain tidak dibutuhkan.

Cara meneksekusinya adalah dengan dibersihkan, kemudian tangka tersebut dijemur selama beberapa hari hingga kering, dan siap untuk dianyam. Untuk proses penganyaman hingga menjadi Kerajinan Tangan Enceng Gondok teknik yang perlu dilakukan adalah teknik yang sama dengan menganyam seperti biasanya. Hal yang paling penting di sini adalah kreativitas dari pembuatnya harus benar benar digunakan. Semakin kreatif seseorang maka anyaman tersebut juga bisa menghasilkan produk yang kian cantik dan bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kerajinan Tangan Enceng Gondok

0 komentar:

Posting Komentar